Monday 7 April 2014

Menampilkan Data dalam bentuk XML ke Table HTML dengan PHP


Tutorial kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu.. bagaimana data dari XML di olah dengan PHP seperti gambar diatas itu , langsung aja !!!

Sebelumnya saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu XML? dan apa perbedaannya sama HTML? 

-> XML kependekan dari eXtensible Markup Language, suatu dokumen xml biasanya terdiri dari beberapa bagian atau elemen dimana diawali dengan header yang menunjukan versi XML yang digunakan dan merupakan pemformatan dokumen yang mendukung web service.
-> HTML itu merupakan bahasa standar dalam perancangan sebuah website bisa dibilang kerangkanya dan penulisan tagnya harus sesuai standar HTML sedangkan XML itu hanya berupa data tidak bisa menampilkan tidak seperti HTML dan penulisannya terserah kita.


Pertama Ketikkan file XML berikut!!


Beri nama song.xml


Misalnya diatas didalam songs terdiri dari beberapa elemen yang akan diolah dimana Tag <song> mempunyai sebuah attribute(misal : dateplay=”2012-05-11 12:23:50”). Sedangkan didalam Tag <title> dan <artist> berisi teks/data. Isi attribute dan teks inilah yang nantinya ditampilkan ke dalam berbagai jenis antarmuka. 

Jika kita menampilkan format XML langsung ke dalam browser akan tampil seperti ini:


Nah kok tampilan seperti itu!!! Bagaimana cara menampilkan isi dari elemennya?
Ok caranya adalah dengan menggunakan metode simpleXML dengan script PHP, pada teknik ini biasanya sering disebut teknik parsing.  

Langkah pertama adalah membuat script PHP yang digunakan untuk memparsing dokumen XML tersebut ke dalam bentuk HTML

Beri nama XML.php


Kemudian simpan script PHP di atas. dimana fungsi simplexml_load_file() yakni meload data XML, setelah itu data XML akan diparsing ke dalam bentuk table HTML.

Coba buka file XML.php tesebut pada sebuah browser, ketikkan di URLnya :


Maka hasilnya akan tampil sebagai berikut:





0 comments:

Post a Comment