Sunday 2 June 2013

Biografi sang pencipta C programming


 Dennis MacAlistair Ritchie




              Dennis MacAlistair Ritchie (lahir 9 September 1941 – meninggal 12 Oktober 2011 pada umur 70 tahun  adalah seorang ilmuwan komputer yang dikenal atas sumbangsihnya membuat bahasa pemrograman C dan berbagai sistem operasi seperti Multics dan Unix. Ritchie menerima penghargaan Turing Award pada tahun 1983 dan National Medal of Technology 1998 pada 21 April 1999. Ia menjabat sebagai kepala Departemen Riset Perangkat lunak Sistem di Lucent Technologies saat pensiun pada tahun 2007.
                 Dennis Mc Allistair Ritchie bersama Ken Thompson membuat bahasa yang paling terkenal di dunia komputer menyaingi bahasa inggris di dunia real. Bahasa C yang dibuat Ritchie ini menjadi dasar sistem operasi modern saat ini, seperti Linux, Apple MacOs, dan Android. Tanpa Ritchie, mungkin saja tidak ada komputer dan aplikasi-aplikasi seperti yang kita pakai saat ini. Dennis M Ritchie lahir ditengah perang dunia ke 2 pada tanggal 9 September 1941 di Bronxville NewYork. Lulus dari Harvard thn 1963 dalam bidang Fisika dan melanjutkan pendidikan di Harvard hingga meraih gelar Ph.D di bidang Matematika.(Perlu diketahui bahwa orang jenius dalam bidang science biasanya suka matematika, jadi semangat belajar matematika dan penerapannya) .
              Ritchie dikenal sebagai pembuat bahasa pemrograman C, pengembang utama sistem operasi, dan sebagai salah satu dari penulis (bersama Brian Kernighan) buku "kamus bahasa C," The C Programming Language. Penemuan bahasa C dan pengembangan Unix menjadikan Ricthie dan Ken Thompson sebagai pionir utama dunia komputasi modern. Bahasa C hingga kini masih digunakan secara luas dalam program aplikasi, sistem operasi, pengembangan sistem benam/embedded system, dan pengaruhnya dalam bahasa pemrograman modern lain. Sedangkan Unix juga telah memberikan pengaruh besar, membangun konsep dan prinsip dalam dunia komputasi masa kini.
 
Referensi  : IlmuKomputer.com

Nama : Gagah Prawono Setya P
Nim    : 1110651039
Jurusan : Teknik Informatika


        

0 comments:

Post a Comment